}); Deli Serdang Tidak Kebagian eks HGU PTPN II - KAPITANEWS

Deli Serdang Tidak Kebagian eks HGU PTPN II

Edwin Nasution (Staf Ahli Bupati Deli Serdang Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan

KapitaNews.com, Deli Serdang--Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan memimpin rapat tertutup dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait penghapus bukuan (peralihan aset) lahan eks HGU PTPN II Senin, (8/7/2019).

Pelaksanaan rapat dilakukan di ruang rapat lantai II kantor Bupati dan dihadiri oleh Wakil Bupati, M Ali Yusuf Siregar.

Informasi yang dikumpulkan, rapat dilakukan lantaran Pemkab Deliserdang tidak ada mendapatkan apapun dari 2.216 hektare lahan eks HGU PTPN II yang sudah lepas buku oleh Kementerian BUMN karena adanya permohonan dari Pemprov Sumut pada saat gubernur masih dijabat T. Erry Nuradi.

Meski sebagian lahan yang sudah lepas buku berada di kawasan Deliserdang namun yang mendapatkan lahannya adalah pihak lain.

Berdasarkan data yang dihimpun beberapa pihak yang mendapatkan lahan dari 2.216 hektare yang sudah lepas buku itu seperti Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kodam I Bukit Barisan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Pemko Binjai, Yayasan Melayu Raya dan Pensiunan Karyawan PTPN II.

Staf ahli Bupati bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Edwin Nasution yang dikonfirmasi usai pelaksaan rapat mengakui bahwa untuk lepas buku tahap pertama ini Pemkab Deli Serdang sama sekali tidak ada mendapat jatah.

Ia berpendapat sangat tidak ideal jika Pemkab Deliserdang tidak mendapatkan jatah sementara lokasi lahan sebagian besar berada di kawasan Kabupaten Deliserdang.

Disebut banyak hal yang tentunya akan dilakukan oleh Pemkab jika di kemudian hari Pemkab ada mendapatkan jatah dari lahan eks HGU PTPN tersebut.

"Ini kita masih mau diupayakan agar Pemkab juga bisa dapat. Untuk kepentingan masyarakat luas ini. Kalau Deli Serdang dapat kita itu mau dibuat lahannya untuk sekolah, pasar, kantor Kecamatan, terminal dan lain-lain lah. Sumut ini kan pintu masuknya Deliserdang dengan keberadaan Bandara Kualanamu. Ya bisa dibilang pintu utama untuk Indonesia bagian barat lah," ujar Edwin.

Ia menegaskan Sumut baru bisa menjadi maju kalau Deli Serdang terlebih dahulu yang maju. Disebut upaya untuk mendapatkan lahan eks HGU untuk kepentingan penataan tata ruang Deliserdang. Mantan Kabag Hukum ini Optimis bahwa Deli Serdang dikemudian hari juga akan mendapatkan bagian dari lahan eks HGU PTPN II ini.

"Upaya kita bagaimana untuk di setiap Kecamatan bisa dapat 20 hektare. Lahannya ada di Kecamatan Percut Seituan, Sunggal, Labuhan Deli ataupun Batang Kuis. Ya peruntukannya untuk berbagai hal tadi termasuk juga yang tidak kalah penting seperti untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU). Karena seperti yang kita ketahui banyak sekali permintaan masyarakat agar lahan TPU ini bisa disediakan,"kata Edwin.

Sebagai bentuk upaya, lanjut Edwin Pemkab akan segera memasukkan permohonan kepada Gubernur Sumut, Dirut PTPN II dan Kanwil Pertanahan Sumut.

Disebutnya, saat ini Pemprov Sumut juga menyambut baik apa yang ingin dilakukan Pemkab Deliserdang. Diharapkan untuk tahap kedua nanti usulan Pemprov Sumut untuk meminta kembali lahan eks HGU PTPN II kepada Kementerian BUMN dapat disetujui.

"Yang 2.216 ini tahap pertama dan yang tahap kedua ini semoga Deliserdang bisa kebagian. Sisanya sekarang ini masih ada 3.306,77 hektare lagi lahan eks HGU. Kita mau silaturahmi lagi lah sama Pemprov Sumut termasuk juga sama Dirut PTPN II dan Kanwil Pertanahan. Pak Bupati itu bilang ini harus diupayakan karena kepentingan masyarakat juga banyak," kata Edwin. (nhy
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar