}); DPD AJH : Pimpinan KPK Tidak Etis dari Anggota Kepolisian dan Kejaksaan Aktif. - KAPITANEWS

DPD AJH : Pimpinan KPK Tidak Etis dari Anggota Kepolisian dan Kejaksaan Aktif.


Kapitanews.com, Medan- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK telah menentukan 20 nama terpilih untuk mengikuti seleksi tahap lanjut pada Jumat lalu (23/8/19).

Peserta terbanyak berasal dari anghota Polri 4 orang, kemudian akademisi/dosen sejumlah 3 orang, dan Jaksa 2 orang. 

Namun dari hasil seleksi penilain profil assasmemt tersebut terdapat beberapa calon tersebut memiliki catatan rekam jejak yang tidak sesuai dengan kriteria, dan tidak memenuhi harapan publik terhadap pimpinan KPK ke depan.

Ketua DPD AJH Kota Medan, Taufiq Hidayah Tanjung angkat bicara dalam persoalan ini "sebaiknya pimpinan KPK nantinya adalah masyarakat sipil biasa yang artinya tidak berada dibawah penegak hukum lain seperti kepolisian dan kejaksaan" 

Sebagai institusi pemberantas korupsi tidak boleh ada intervensi dan harus independen dari kepenting-kepentingan, guna memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

"Pimpinan KPK harus independen dari intervensi siapapun harus merdeka secara institusi, walaupun secara aturan tidak masalah namun secara etika ini sangat tidak baik demi pemberantasan korupsi di negara Republik Indonesia" ungkap ketua DPD AJH Kota Medan. 

"Kalau tadi pensiunan Polri dan Kejaksaan yang jadi pimpinan gak masalah karena secara institusi tidak lagi terikat, kalau masih aktif kan secara etikanya gak baik, kita berharap pimpinan yang terpilih nanti masyarakat sipil biasa yang merdeka secara institusi" ujar Taufiq.

Selain itu, Koalisi Rakyat Sumatera Utara (Korsub) juga menggelar Konferensi Pers (29/8) di LBH Medan. Salah satu poin yang menjadi tuntutan oleh Korsub ialah menekankan kepada Panitia Seleksi pimpinan KPK pro aktif mengikuti kaidah hukum terkait kriteria Pimpinan KPK. (nhy)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar