}); DPD AJH Kota Medan Buka Posko Pengaduan Pungli Oleh Sekolah - KAPITANEWS

DPD AJH Kota Medan Buka Posko Pengaduan Pungli Oleh Sekolah


Kapitanews.com, Medan- DPD Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Kota Medan menggelar Konferensi Pers guna menyikapi maraknya pungutan liar di lingkup Dinas Pendidikan Kota Medan. Instansi yang seharusnya mencerdaskan anak bangsa malah menodai dengan pungutan liar yang berbalut penjualan seragam sekolah, buku dan lain sebagainya.

Dalam Konferensi Pers, Ketua DPD AJH Kota Medan, Taufiq Hidayah Tanjung dan didampingi beberapa Pengurus mengatakan bahwa pendidikan adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara. Namun realitanya, banyak orang tua yang mengadu atas pungutan liar yang dilakukan pihak-pihak sekolah.

"pendidikan adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara, namun realitanya, banyak orang tua yang mengadu atas pungutan liar yang dilakukan pihak-pihak sekolah, inikan sangat membebani orang tua siswa" ungkap Taufiq

Berdasarkan Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011 sekolah tidak dibenarkan melakukan pungutan atas alasan apapun. Terkhusus lagi di Kota Medan bahwa Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Nomor: 420/8734PPD/2016 yang melarang menjual seragam, buku dsb. Tapi tetap saja di lapangan menerima aduan oleh orang tua siswa tentang hal tersebut.

Diakhir keterangannya, DPD AJH Kota Medan membuka posko pengaduan bagi orang tua siswa yang menjadi korban pungutan liar oleh pihak sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kota Medan, agar segera melaporkan ke DPD AJH Kota Medan. 

"DPD AJH Kota Medan membuka posko pengaduan, terkait adanya pungutan liar disejumlah sekolah di bawah Dinas Pendidikan Kota Medan. Kami himbau kepada orang tua siswa yang merasa dirugikan, keberatan terkait adanya pungli dalam bentuk apapun, seperti penjualan seragam, buku, dan lain sebagainya untuk melapor ke DPD AJH Kota Medan. Dan DPD AJH Kota Medan menurunkan Tim Investigasi guna menggali informasi terkait pungutan liar, dan akan dibawa ke ranah hukum" ujar Ketua DPD AJH Kota Medan dengan tegas. (nhy)
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar