}); - KAPITANEWS

Kapitanews.com, Deli Serdang-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang memberi penegasan tidak akan memberhentikan Suriyaman sebagai Kepala Desa Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak yang baru bebas dari penjara karena terlibat dalam kasus pencurian kambing milik warga.

Penegasan itu diucapkan langsung oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Deli Serdang, Citra Efendy Capah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar oleh DPRD Deli Serdang dengan menghadirkan puluhan masyarakat desa, Kamis, (10/10/2019).

Meski saat ini banyak masyarakat yang mendesak pemberhentiannya karena tidak menginginkan dipimpin Kades pencuri namun hal itu tidak bisa dituruti.

"Tidaklah mau pak Bupati. Kami pun tidak mau melanggar hukum demi memenuhi permintaan (sebagian) masyarakat. Perlu kami sampaikan, itu sebenarnya sangat kami sesalkan terlepas bagaimana kejadian sebenarnya. Tapi memang dia masih berhak dan tetap dia Kades nya. Ini periode kedua dia dan dari tahun 2016 sampai hari ini enggak pernah dia kita hentikan, termasuk pemberhentian sementara,"ujar Citra Efendy Capah.

Mantan Camat Hamparan Perak ini menjelaskan yang menjadi payung hukum saat ini adalah Permendagri nomor 66 tahun 2017 tentang perubahan Permendagri nomor 82 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa. Dijelaskannya bagi Pemkab tidak bermasalah siapa saja orang yang akan menjabat karena pengangkatan Suriyaman bisa dilakukan karena sesuai hasil Pilkades. Ia berterimakasih kalau dewan menggelar RDP karena dari pertemuan itu kasus semakin terang benderang dan hal-hal baru sesuai informasi dari masyarakat pun dapat diketahui.

Menyikapi hal ini HMI Deli Serdang melalui Ketua Bidangnya M. Nashry mengatakan lucu saja jika Bupati masih melindungi kepala desa yang melakukan pencurian ternak dari masyarakat nya. Yang namanya pemimpin itu mengayomi masyarakat nya bukan malah menambah derita masyarakat dengan mencuri ternaknya.

Bupati seharusnya merasa malu dan segera memecat kepala desa Sei Baharu suriyaman karena melakukan pencurian, ini jelas mencoreng muka pemerintah kabupaten Deli Serdang atau mungkin pemerintah Deli Serdang memang sudah tak punya malu. Nashry yang juga masyarakat desa Sei Baharu juga menyesalkan kinerja Kejari Lubuk Pakam dan PN Lubuk Pakam, jelas dalam fakta persidangan kepala desa terlibat aktif dalam melakukan pencurian ternak tersebut tapi vonisnya hanya 5 bulan, kita akan segera kordinasi dengan kawan kawan LBH HMI Deli Serdang dan meminta bantuan dari rekan rekan LBH Medan juga untuk melaporkan kinerja hakim dan jaksa.
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar