}); DAFFASYA SINIK: SAYA TEGASKAN, PMT ADALAH ORGANISASI SEJARAH - KAPITANEWS

DAFFASYA SINIK: SAYA TEGASKAN, PMT ADALAH ORGANISASI SEJARAH


KapitaNews. Com-Sumatra Utara. Ketua PEMUDA MANDALA TRIKORA PROVINSI SUMATERA UTARA, DAFFASYA SINIK menyebutkan bahwa ORGANISASI KEPEMUDAAN PEMUDA MANDALA TRIKORA Ini, lebih bertujuan kepada sejarah yang terkait TRI KOMANDO RAKYAT (TRIKORA).

Hal itu disebutnya,karena banyak dari ormas lain beranggapan bahwa PMT Ini sama seperti ormas massa lainnya.

“ dengan tegas saya katakan tidak. PMT ini organisasi yang dibangun untuk mengenang jasa bapak Alm H M SOEHARTO yang saat itu diangkat menjadi panglima dan diberi Tugas untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Irian Barat dengan Indonesia"Ujar Daffa

Dalam hal ini, ketua PEMUDA MANDALA TRIKORA PROV SUMUT menjelaskan beberapa hal keterkaitan PMT dengan komando mandala dan trikora sebagai berikut:

Sesuai dengan perkembangan situasi Trikora diperjelas dengan Instruksi Panglima Besar Komodor Tertinggi Pembebasan Irian Barat No.1 kepada Panglima Mandala yang isinya sebagai berikut:
* Merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer dengan tujuan mengembalikan wilayah Irian Barat ke dalam kekuasaan Republik Indonesia.
* Mengembangkan situasi di Provinsi Irian Barat sesuai dengan perjuangan di bidang diplomasi dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya di Wilayah Irian Barat dapat secara de facto diciptakan daerah-daerah bebas atau ada unsur kekuasaan/ pemerintah daerah Republik Indonesia.
Strategi yang disusun oleh Panglima Mandala guna melaksanakan instruksi tersebut.
* Tahap Infiltrasi (penyusupan) (sampai akhir 1962),yaitu dengan memasukkan 10 kompi di sekitar sasaran-sasaran tertentu untuk menciptakan daerah bebas de facto yang kuat sehingga sulit dihancurkan oleh musuh dan mengembangkan pengusaan wilayah dengan membawa serta rakyat Irian Barat.
* Tahap Eksploitasi (awal 1963),yaitu mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan dan menduduki semua pos-pos pertahanan musuh yang penting.
* Tahap Konsolidasi (awal 1964),yaitu dengan menunjukkan kekuasaan dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia secara mutlak di seluruh Irian Barat.
Dan melihat kepastian  dari AD/ART PEMUDA MANDALA TRIKORA, di tuliskan bahwa yelyel organisasi pmt ialah bebaskan irian barat! Hal itu sudah menjelaskan bahwa pemuda mandala trikora ini sematamata bukan hanya organisasi kepemudaan biasa, tapi organisasi istimewa yang merujuk kepada nilai nilai sejarah.

"Lanjut Daffa hal itu yang menjadikan PEMUDA MANDALA TRIKORA ini sangat istimewa. Disela kita bersatu sebagai organisasi kepemudaan, kita mendalami nilai nilai sejarah yang telah tercatat pada masa TRIKORA dan KOMANDO MANDALA(KOLA).

Dan pada 2003, menurut hasil dari musyawarah yang diadakan para eksponen pejuang trikora, dan para keluarga ALM JEND H M SOEHARTO, mensepakati menetapkan membentuk ORGANISASI SEJARAH yang dinamakan PEMUDA MANDALA TRIKORA. Dan disepakatilah ketua umum tersebut ialah ARY HARYO WIBOWO HARDJOJUDANTO atau yang biasa kita kenal dengan nama ARI SIGIT SOEHARTO. “Di jelaskan lebih rinci oleh wasekjend PMT SUMUT wahyu amdani.

Dan ditambahkan wakil ketua bidang HUKUM DAN HAM, HUSNA. bilamana ada kekeliruan, saya menegaskan sekali lagi mengikuti arahan AD/ART dan penjelasan ketua PMT sumut, bahwa PMT BUKAN ORMAS! Didalam pemuda mandala trikora ini independen. Setiap manusia diper boleh kan bergabung dan bersatu membesarkan PMT. Karena PMT adalah organisasi netral yang memacu kepada sejarah yang ada. Dan disebutkan menurut AD/ART bahwa syarat bergabungnya kedalam pemuda mandala trikora ialah
1. Berumur 17tahun ke atas
2. Berwarga negara Indonesia
3.  Para keluarga eksponen trikora & masyarakat umum(AGS).
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar