}); Selamat! Kader HMI Sumut Dapat Kejutan Dari Ketum Badko - KAPITANEWS

Selamat! Kader HMI Sumut Dapat Kejutan Dari Ketum Badko



Kapitanews.com. Nasional-Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam dilingkup Sumatera Utara (Badko HMI Sumut) pada Kamis, 28 November 2019 diduga memberikan kejutan kepada kader HMI Sumatera Utara. Kejutan yang diberikan Badko HMI Sumut ialah mendirikan cabang baru tanpa melewati mekanisme organisasi dan melaksanakan Maperca.

Maperca adalah training yang biasanya dilaksanakan oleh Komisariat dibawah pengawalan Cabang. Sebab itulah banyak yang mempertanyakan mengapa harus badko yang melaksanakan Maperca? Kapan HMI Cabang persiapan Batubara didirikan? Mengapa tidak ada pemberitahuan atau konfirmasi ke HMI Cabang Kisaran yang merupakan cabang terdekat dengan kabupaten Batubara. Sebagaimana diketahui bahwa kabupaten Batubara sebelumnya adalah bagian dari kabupaten Asahan, sebelum pemekaran Kabupaten Batubara HMI cabang Kisaran telah lama berdiri.
Dengan beredarnya foto pelaksanaan kegiatan maperca tersebut, semakin ramai pula yang menuding. Tidak terkecuali Pengurus Besar HMI yang berasal dari Cabang kisaran Asahanpun merasa kecewa dan angkat bicara "Saya menyayangkan Kegiatan maperca yg dilakukan oleh Kepanitiaan Badko Sumut. Batu bara masih dalam wilayah kerja HMI Cabang Kisaran Asahan. Seharusnya ada kordinasi yg baik mengenai hal ini. Apalagi pendirian Cabang tidak Simsalabim ada prosuderal yang di jalankan" ungkap Amalia Azmi Str - Ketum Kohati HMI Cabang Kisaran-Asahan 2017-2018 yang juga merupakan wabendum PB HMI. Kemudian Joni Lubis Wasekjend Internal PB HMI mengatakan "Ada aturan main yang seharusnya diindahkan terkait mekanisme pendirian atau pemekaran Cabang, Ditataran kebijakan juga tidak ada wewenang badko untuk menjalankan perkaderan tanpa intruksi PB HMI apalagi selevel Maperca yang seharusnya menjadi program Komisariat. Hal ini yg seharusnya menjadi bahan evaluasi pentingnya koordinasi dan komunikasi struktural supaya tidak terjadi kesalahan berpikir dan bertindak. Perbuatan pengurus badko ini menyakiti kami kader hmi cabang kisaran asahan yg pernah berjuang didunia perkaderan juga. Apalagi tidak adanya kordinasi dan komunikasi yang baik dilakukan oleh badko terhadap HMI cabang kisaran asahan selaku cabang yang menaungi". Kemudian Sidik Kabid PA HMI Cabang Kisaran 2017-2018 menanbahkan "Sah-sah saja kalau badko mau membantu Komisariat merekrut, melaksanakan kegiatan yang meningkatkan kuwalitas dan kuwantitas organisasi namun ada aturan mainnya di Ad/ART HMI, lagian HMI Badko itu wajib melaksanakan Pleno persemester, sudah lewat 1 semester kok belum pleno malah maperca."
Selain kegiatan tersebut sudah membuat kader HMI cabang Kisaran Asahan merasa sakit hati, pernyataan Ketua Umum Badko HMI Sumut tentang Maperca adalah Training Formal juga memancing banyak komentar, salah satunya Ketua Umum Kohati PB HMI yang juga berasal dari HMI cabang Kisaran-Asahan ,"setau saya Training Formal di HMI itu adalah LK I, LK II & LK III tapi mungkin saya kurang update tentang pedoman perkaderan. Kemudian saya berharap Badko HMI Sumut masih menganggap keberadaan HMI Cabang Kisaran-Asahan. Terkait dengan pelaksanaan training di HMI Cabang Kisaran Asahan itu mungkin bisa ditanyakan saat kungker kemarin & saat Pleno Badko jugakan cabang pasti menyampaikan laporan kondisi internal dan eksternal, kemudian saya juga dapat info terkait kesalahan teknis dalam pengeditan spanduk tentang cabang persiapan, kalau memang benar kesalahan teknis maka ini harus diklarifikasi agar tidak menimbulkan masalah. Tutup Siti Fatimah Siagian.
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar