}); Jelang HUT JBMI Laksanakan Giat Kemah Membangun Karakter Bersama Masyarakat . - KAPITANEWS

Jelang HUT JBMI Laksanakan Giat Kemah Membangun Karakter Bersama Masyarakat .

Kapitanews.com - Labura || Dewan Pimpinan Daerah Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) melaksanakan kegiatan  Kemah Membangun Karakter  Masyarakat Bersama JBMI di Kampung nyaman Desa Lobuhuala  Kecamatan Kualuh Selatan Kab. Labuhanbatu Utara pada 29-30 Agustus 2020. 

Pada  ( 29/8/2020) pukul 20:20 wib,  DPD JBMI melaksanakan Acara Pembukaan Kemah tersebut disertai dengan acara penaikan Bendera JBMI dengan Menyanyikan Hymne JBMI yang dipimpin Oleh Tsanitaul Bariah Br. Siagian Putri dari Pasangan M. Januar Ahadi Siagian, SH dan Nurmala Br. Marpaung beranggotakan 11 Orang Putra putri Cilik Kampung nyaman.

Pimpinan Acara penaikan Bendera JBMI Hairul Padli Siagian Putra dari Pasangan dari Sri Kamsih Br. Sitorus dan Ely  Amran Siagian  Tim Penaikan Bendera JBMI Fadli Pratama Siagian selaku penggerek Bendera Putra dari Pasangan M.Januar Ahadi Siagian, SH dan Nurmala Br. Marpaung,  Nina Ariyanti Br. Sinaga   Pembawa Bendera JBMI Putri dari Pasangan Sihabuddin Sinaga dan Nilawati Sitorus  dan Anas Fadilah Sinaga juga Putra Pasangan dari Sihabuddin Sinaga dan Nilawati Sitorus.

Hadir pada acara itu dari Pemerintahan Kepala Desa Lobuhuala, Asrul J.Pasaribu, dari Polsek Kualuh Hulu  Aipda Raja Husin Siregar selaku Bhabinkamtibmas  Desa Lobuhuala, Maruli Tanjung, SH.MH Ketua DPD JBMI Kab. Labura, M. Edy Yamin Simatupang Wakil Ketua DPD JBMI Labura Arzein Alwi Siahaan Wakil Sekretaris DPD JBMI Labura, Darwin Marpaung Ketua Panitia, para Tokoh Pemuda dan Masyarakat.

Dalam laporannya Ketua Kemah Membangun Karakter  Masyarakat Bersama JBMI. Darwin Marpaung menyampaikan acara kemah membangun karater  dilaksanakan selama dua hari Sabtu/Minggu 29-30 Agustus 2020.  Tujuan acara tersebut sebagai bentuk kepedulian JBMI kepada masyarakat khususnya kepada peserta didik. Dalam rangka jelang HUT JBMI yang lahir pada 11 Muharram 1400 H. Tahun 1979 Masehi. 

"Dimana dalam kondisi pandemi Covid-19 pemerintah meberlakukan Daring (Pembelajaran Jarak Jauh) kepada para peserta didik disinilah JBMI hadir untuk membimbing anak- anak di daerah terpencil khususnya di daerah blank spot untuk memandu anak -anak dalam menyesaikan mata pelajaran di sekolahnya".   

Berkat kerja keras dan partisipasi masyarakat, Alhamdulilah acara ini dapat berjalan seperti sekarang ini. Tentunya banyak terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini. 

Maka dari itu, kami dari segenap panitia memohon Ma'af kepada para undangan yang hadir jika ada hal yang kurang berkenan dalam pelaksanaan Acara Kemah Membangun Karakter  ini. Katanya.

Sementara itu Maruli Tanjung, SH. MH Ketua DPD JBMI selaku Pembina Acara dalam penaikan bendera JBMI mengatakan. Berterimakasih kepada masyarakat kampung nyaman atas partisipasinya dapat bekerjasama dengan JBMI untuk melaksanakan Kemah Membangun Karakter. 

Situasi Pandemi Covid-19 mengharuskan Daring kepada anak peserta didik. Sementara itu hasil dari penelitian JBMI banyak Orang tua yang pusing untuk mengisi tugas sekolah yang diberikan guru kepada  anak-anaknya.

Untuk di daerah yang terpencil dan blank spot anak-anak juga kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya sehingga tak jarang Sang  Anak malah asyik bermain dari pada mengerjakan tugas sekolahnya dan ada yang malah ikut kerja dengan orang tuanya. 

Atas hal inilah JBMI hadir akan melakukan pembimbingan terhadap anak peserta didik yang bertujuan membantu Guru dan orang tua si Anak.

Selain itu JBMI juga akan menyajikan materi Cinta Tanah Air dan kewajiban Mematuhi  Portokoler Covid-19. Dan Menanamkan Jiwa patriotisme kepada anak dan menjauhkan Paham Radikalisme dini terhadap anak. 

Yang mana semua itu tujuannya adalah agar anak  Desa Lobuhula  menjadi anak yang Shaleh dan Shaleha beriman dan Bertaqwa kepada Allah SWT.

Maruli juga berpesan kepada Kepala Desa Lobuhula agar memperhatikan Jalan menuju dusun- dusun terpencil di Desa Lobuhula untuk supaya dibangun agar semua urusan lancar. 

Api unggun yang kita nyalakan nantinya secara bersama-sama mari  kita jadikan Api penyemangat Kampung ini agar lebih maju. Bukan tidak mungkin ada dari kampung ini kelak ada yang jadi Kapolsek ada yang jadi Guru, ada yang jadi TNI dan Pengusaha". Cetusnya. 

Usai Kata Amanat nya Maruli Tanjung bersama-sama dengan Babinkamtibmas dan Kepala Desa Megang Obor yang disediakan panitia kemudian menyalakan api unggun secara bersamaan. 

Asrul J. Pasaribu Kepala Desa Lobuhuala mengungkapkan terimaksihnya kepada JBMI karena telah peduli terhadap masyarakatnya dan telah mengurangi beban pemikiran pihaknya.

" Terimakasih kepada JBMI telah hadir bersama kami. Dalam bentuk perhatian mendampingi anak-anak dalam proses menyelesaikan pekerjaan sekolahnya. Hal ini telah mengurangi beban pemikiran kami. Semoga JBMI bertambah jaya dan maju dan terus menjadi Edukasi dan Percontohan yang baik ditengah-tengah masyarakat. Apa yang disampaikan kepada kami Insyaalah akan kami pikirkan. Ucap Asrul.  

Lanjutnya, terkait bentuk kepedulian terhadap anak peserta didik. Beberapa waktu yang lalu kami telah melayangkan surat ke Dinas Perpus Kab. Labura untuk mendapatkan buku-buku bacaan untuk dibagikan kepada anak anak sekolah agar menambah perbendaharaan ilmu si Anak. Ucapnya. 

Amatan Media ini, acara tersebut disambut meriah oleh ratusan anak anak di daerah itu. Terlihat dari wajah mereka menampakkan senyum senang melihat acara yang dilaksanakan. 

Para tamu undangan merasa terhibur dengan penampilan Tari Sinaggar Tullo oleh para Putra-Putri Cilik kampung nyaman. 

Acara berjalan dengan khidmat dan lancar serta mengikuti portokoler Copid-19 dengan menyediakan Tempat Cuci tangan memakai masker dan menjaga jarak.(MyL)

Editor : Andre

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar