}); Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan Gencar Lakukan Edukasi Ke Masyarakat - KAPITANEWS

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan Gencar Lakukan Edukasi Ke Masyarakat


Kapitanews.com-Medan - Lebih kurang setahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Sebagai perguruan tinggi di bidang kesehatan, Dosen Prodi  D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan pun gencar melakukan pengabdian kepada masyarakat mengenai edukasi Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Pandemi  Covid 19. Kegiataan pengabdian dilakukan pada 27/2/2021 di Klinik Desy Fahryani Lubis Kec. Medan Belawan.

Selaku Ketua pada kegiatan ini, Indah Dewi Sari., SST., M.Kes. mengatakan “saya bersama Ibu Suyanti Suwardi, SST.,M.kes menggagas kegiatan ini yang kami anggap sangat penting untuk dilakukan agar Ibu-ibu yang memiliki balita mendapatkan pengetahuan tentang langkah pencegahan dari bahaya Covid-19”

Terkhusus gejala Covid-19 pada bayi sulit dibedakan dengan penyakit saluran pernapasan akibat penyebab lainnya yang umunya bersifat ringan dan akan sembuh sendiri.

 “Kami memberikan edukasi kepada peserta yang hadir akan gejala dari Covid-19 seperti pada anak sulit dibedakan dari penyakit saluran pernapasan akibat penyebab lainnya. Gejala dapat berupa batuk pilek seperti penyakit common cold atau selesma, dengan atau tanpa demam, yang umumnya bersifat ringan dan akan sembuh sendiri” ungkap Indah Dewi Sari., SST., M.Kes.

Selain itu, langkah dalam pencegahannya berupa melaukan triase, penerapan prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan jarak fisik (Phyical Distancing).

Indah Dewi Sari mengatakan “adapun langkah-langkah dalam meminimalis penyebaran Covid-i9 pada bayi ialah melaukan triase, penerapan prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan jarak fisik (Phyical Distancing).

Para peserta sangat semangat dan antusias dalam kegiatan ini karena mendapatkan informasi tentang gejala serta pencegahan Covid-19 pada bayi.

“Melalui kegiatan ini pengetahuan kami menjadi meningkat dan paham  tentang  bagaimana  cara untuk disiplin, menghindari keluar rumah, menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker dan  menerapkan  perilaku hidup  bersih dan sehat” ungkap salah satu peserta kegiatan.

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar