}); Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan, Kampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat - KAPITANEWS

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan, Kampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Kapitanews.com-Medan Dosen Institus Kesehatan Helvetia melakukan pengabdian ke masyarakat yang dilakukan di Raudhatul Athfal Nur Ikhlas Kota Binjai pada 17/02/2021. Kegiatan tersebut dengan mengangkat tema “Penyuluhan Perilaku Hidup Sehat Dan Bersih Dengan Melakukan Cuci Tangan Dan Sikat Gigi  Di Raudhatul Athfal Kota Binjai  Tahun 2021”. Tampak sebagai peserta dalam kegiatan tersebut adalah anak pra sekolah dan pengajar.

“Sebagai kampus yang menjunjung tinggi tri dharma perguruan tinggi, kami sebagai dosen Program Studi Profesi Bidan  Institut Kesehatan Helvetia melakukan pengabdian dengan mengampanyekan perilaku hidup sehat dan bersih kepada anak pra sekolah dan guru di Raudhatul Athfal Kota Binjai ini” ungkap Syahroni Damanik, SST., M.Kes selaku ketua kegiatan pengabdian ini.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya memberikan pengalaman belajar bagi masyarakat dengan memberikan edukasi guna meningkatkan pengetahuan dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu, terkhusu bagi anak pra sekolah dalam mengajarkan perilaku hidup sehat sejak dini.

Syahroni Damanik, SST., M.Kes mengatakan “kami memberikan pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat agar masyarakat terkhusus para peserta dapat mengetahui akan pentingnya menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kepada anak pra sekolah agar membiasakan perilaku hidup sehat sejak dini”

Masalah kesehatan anak usia sekolah semakin kompleks. Pada anak usia Sekolah Dasar (SD) biasanya berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti menggosok gigi dengan baik dan benar, serta mencuci tangan menggunakan sabun. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami anak usia sekolah adalah karies gigi, kecacingan, diare, flu dan ISPA

“Kami juga memberitahukan peserta untuk menjaga kesehatan seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, jajan di kantin sekolah, Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) di jamban, buang sampah ditempatnya, berolahraga, mengukur tinggi dan berat badan, memeriksa jentik nyamuk, dan tidak merokok di sekolah” ujar Syahroni Damanik, SST., M.Kes.

Tampak semangat dan apresiasi yang baik dari anak pra sekolah dan guru yang mengajar, ditandai dengan semangat anak pra sekolah mengikuti edukasi sebagai upaya preventif dalam mencegah terjadinya penyakit infeksi, cacingan dan lain sebagainya.

Syahroni Damanik, SST., M.Kes mengungkapkan “Saya berserta tim, ada Ibu Sri Rinta Sikumbang, SST., M.Keb, dan Ibu Julina Sembiring disambut oleh Pimpinan  Raudhatul Athfal Nur Ikhlas Kota Binjai dengan sangat ramah dan membantu kegiatan yang kami laksanakan. Tampak juga hasil dari pengabdian ini, dari 15 anak pra sekolah  yang ditemui terdapat 7 orang yang sudah memahami manfaat dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tentang cara cuci tangan dan sikat gigi”

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar