}); Dosen Institut Kesehatan Helvetia Adakan Pelatihan Pembuatan Desinfektan dan Hand Sanitizer serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat - KAPITANEWS

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Adakan Pelatihan Pembuatan Desinfektan dan Hand Sanitizer serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Kapitanews.com.-Medan-Penyebaran virus covid 19 hingga saat ini masih meresahkan segala penjuru dunia, mengingat betapa mudahnya virus tersebut menyebar dengan cepat dan masih menyebar hingga saat ini.

Elvi Era Liesmayani, S.Si.T., M.Keb  Selaku Dosen Prodi  D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan Mengadakan Pengabdian Masyarakat dalam Pembuatan Desinfektan Dan Hand Sanitizer Serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid 19 pada Pesantren Ma’had Muhammad Saman Desa Telaga Sari Kec. Sunggal  Deli Serdang”

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan  Pelatihan dan memberikan informasi yang lebih banyak tentang bahaya dan pencegahan penularan virus covid 19 membuat siswa/santri menjadi lebih paham tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam mencegah penularan covid tersebut, terutama dalam di kehidupan sehari – hari, seperti mencuci tanag, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Untuk dapat melakukan pencegahan penularan covid 19, perlu perubahan sikap dan perilaku, . Oleh karena itu, dengan kegiatan ini membuat para santri peserta pelatihan lebih termotivasi lagi untuk menerapkan protocol kesehatan pencegahaaan penulran covid 19.

Selain itu para peserta juga mejadi labih tahu tentang  beberapa macam pencegahan penularan yang harus mereka rubah, seperti saat jalan ke mall  , saat naik ojek online, atau saat pergi ke sekolah. Diantaranya adalah harus menggunakan baju dengan kengan panjang, dan isi dalam tas  harus ada  alat shalat ( sajadah/sarung bagi pria, mukena bagi wanita), alat makan minum, dan helm ( jika menggunakan jasa gojek on line)

Manfaat menerapakan protocol kesehatan pada wabah virus covid saat ini adalah dapat mencegah penyebaran virus 19 di lingkungan santri khususnya dan masyarakat umumnya. Sehingga diharapkan dapat membantu menekan jumlah penderita yang positif tertular covid 19

Oleh karena itu, untuk meningkatkan  kesadaran yang tinggi dan perubahan perilaku pada semua masyarakat, khusus nya para siswa santri , maka perlu diadakannya penyuluhan dan pelatihan tentang pencegahan penularan virus covid 19 ini ungkap Elvi Era Liesmayani, S.Si.T., M.Keb (Ketua PKM) yang didampingi Rina Hanum, SST.,M.Kes. dan Mey Elisa, SKM,.M.Kes (Anggota PKM)

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan pada hari Senin 22 Maret 2021 mendapat antusias dari Ibu Nur’ani, SPd selaku Kepala Sekolah Pesantren Ma’had Muhammad Saman  dan guru –guru ( abi/umi )  beliau Sangat memdukung dan senang dengan adanya kegiatan Pelatihan Pembuatan Desinfektan  Dan Hand Sanitizer Serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) . Hal tersebut dikarenakan, selain kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan dengan pemateri dari tenaga kesehatan, juga dapat membantu pemerintah dalam  mencegah penularan virus covid 19, khusunya di kluster pesantren.  Selain itu pelatihan ini juga menjadi ide bagi santri untk mengembangkan usaha  mandiri para siswa/ santri dalam  membuat desinfektan dan handsanitzer, sehingga dapat mengajarkan kewirausahaan bagi siswa santri. 

Terlihat Para peserta sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena selain menmbah pengetahuan tentang pencegahan penularan virus covid 19 juga menambah wawasan  tentang cara membuat handsanitizer dan desinfektan sendiri, sehiggan nantinya tidak perlu membeli hand sanitizer karena sudah bisa membuat sendiri .

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar