}); Hadiri Persiapan Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi, UIN Sumut Siap Sukseskan Program Kemenag - KAPITANEWS

Hadiri Persiapan Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi, UIN Sumut Siap Sukseskan Program Kemenag

WR III UINSU, Dr. Nisful Khoiri (dudukj dua dari kanan) saat menghadiri pembukaan program PBSB di The Sahira Hotel Bogor, Rabu (21/4)

Kapitanews.com-Medan- Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Dr. Nisful Khoiri, menghadiri Persiapan Seleksi CBT Program Bea Santri Berperestasi (PBSB) dengan Perguruan Tinggi Mitra di The Sahira Hotel Bogor, Rabu (21/4). Acara yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama ini berlangsung sampai 23 April 2021.

Seperti yang dijelaskan Nisful , tujuan PBSB ini untuk menjaring santri potensial yang sudah tamat. Sampai saat ini sudah berjumlah sekitar empat juta santri. Selain untuk mendesain Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, program ini juga diharapkan nantinya akan menjadikan santri sebagai pemimpin yang akan mengelola Negara ini dengan baik.“ Makanya sejak dini kita sudah persiapkan SDM yang unggul dari kalangan santri, “ ujar Nisful.

Tahun ini, kata Nisful untuk PBSB telah meluluskan berkas pendaftar dari S1 sebanyak 4473 orang, sedangkan S2 sebanyak 141 oirang. Pelaksanaan ujian dilakukan melalui seleksi CBT berbasis android. Untuk seleksi tahap I dilaksanakan pada 28 April 2021, pengumumannya pada 7 Mei 2021.

Testing tahap II adalah test lisan secara online pada 18-21 Mei 2021, dan akan diumumkan pada 31 Mei 2021. Kemudian, legalisasi administrasi dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama tempat domisi peserta pada 1-8 Juni 2021. Lalu, pendaftaran pada mitra PBSB disesuaikan dengan jadwal akademik perguruan tinggi masing-masing. Sedangkan pencairan dananya akan dilakukan pada Juli 2021.

Menurut Nisful, PBSB merupakan upaya Kementerian Agama menguatkan kajian tafaqquh fiddin atau pendalaman ilmu agama sekaligus meningkatkan kapasitas pondok pesantren pada bidang kedokteran dan kesehatan, social humaniora serta sains dan tekhnologi.

“ Selain ahli dalam ilmu agama dan dakwah, para alumni PBSB nantinya, diharapkan dapat menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren. Itu harapan Kemenag dan kita semua, “ tegas Nisful.

PBSB sudah berdiri sejak 2004 dan banyak santri yang menjadi sarjana dari program ini. Program PBSB dilaksanakan sebagai bentuk afirmasi Negara agar para santri dapat melanjutkan study hingga perguruan tinggi.

“ Program ini bertujuan agar para santri dapat merespon tantangan zaman, memadukan nilai-nilai agama dengan nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkembangan zaman” pungkas Nisful. 


Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar