}); Peduli PHBS, Dosen Institut Kesehatan Helvetia Lakukan Penyuluhan di Pesantren - KAPITANEWS

Peduli PHBS, Dosen Institut Kesehatan Helvetia Lakukan Penyuluhan di Pesantren


Kapitanews.com-Medan, Dalam upaya memaksimalkan pencegahan penyebaran Virus Corona, Rina Hanum, Sst., M.Kes Selaku Dosen Institut Kesehatan Helvetia melakukan pentingnya  penggunaan masker dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada Penyuluhan santri sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di Pesantren Ma’had Muhammad Saman Desa telaga sari kec. Sunggal Deli serdang pada Senin, 22 Maret 2021.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi dengan cara memberikan penyuluhan tentang pentingnya penggunaan masker dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada santri sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19" ungkap Rina Hanum, Sst., M.Kes selaku (ketua) kegiatan di dampingi Elvi Era Liesmayani, S.Si.T., M.Keb dan Mey Elisa, SKM,.M.Kes (anggota)

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan informasi lebih banyak tentang pentingnya penggunaan masker yang bertujuan untuk membuka wawasan remaja tersebut dimana dalam pondok pesantren sudah pasti banyak melakukan perkumpulan dalam melakukan kegiatan pondok, remaja menjadi lebih tahu bahwa penggunaan masker bukan merupakan hal yang sepele, di mulai dari sekarang lah remaja mempelajari hal ini. Selama ini  mereka belum memahaminya dikarenakan minimnya informasi yang didapat, maka dengan adanya tri darma perguruan tinggi tentang penyuluhan pentingnya penggunaan masker  diharapkan satri lebih dapat memahami tentang pentingnya pemanfaat masker tersebut dalam kehidupan sehari-hari, terutama pasa saat melakukan kontak dengan orang lain. Sehingga mampu membangun kesadaran remaja untuk ikut serta melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 . 


Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas. Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia, Seringkali virus ini menyebar antara manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari mulut dan hidung saat orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin, mirip dengan cara penularan penyakit flu. Tetes cairan dari mulut dan hidung pasien tersebut bisa jatuh dan tertinggal pada mulut dan hidung orang lain yang berada di dekatnya, bahkan dihisap dan terserap ke dalam paru-paru orang tersebut melalui hidungnya.

Saat ini vaksin sudah mulai di galakkan secara bertahap, namun  tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci, serta menggunakan masker atau pelindung wajah (face shield).


Oleh karena itu, penggunaan masker salah satu cara pelindungan diri dalam mecegah penularan covid 19 dalam mengahadapi masa pandemi ini.

Terlihat para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini menambah pengetahuan peserta  tentang PHBS salah satunya yaitu pentingnya penggunaan masker dalam menghadapi masa pandemi ini, serta menambah wawasan dan kesadaran peserta untuk ikut serta melakukan upaya pencegahan Covid 19. 

Tentunya kegitan ini sangat didukung oleh Kepala Sekolah dan Seluruh pengurus pesantren. Mereka mengusulkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, karena sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan para santri. Apalagi di era Covid seperti ini, mereka sangat mengharapkan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat dapat  memberikan kemandirian kepada para santri.

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar