}); Prof Syahrin Harahap Ajak KAHMI Berempati Terhadap Tragedi Kemanusiaan di Palestina - KAPITANEWS

Prof Syahrin Harahap Ajak KAHMI Berempati Terhadap Tragedi Kemanusiaan di Palestina


Kapitanews.com-Medan-
Kader KAHMI perlu mengedepankan empati TERHADAP setiap musibah yang melanda kemanusiaan. Demikian disampaikan Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA saat menyampaikan gagasan-gagasannya dalam Acara HBH In Virtual MW KAHMI & FORHATI Sumut tanggal 18 Mei 2021.

Sebagai masyarakat Intelektual menurut Prof. Syahrin selaku Ketua Dewan Pakar MW KAHMI Sumut, segenap anggota KAHMI perlu menyumbangkan empati intelektual terhadap musibah kemanusiaan yang menimpa saudara-saudara kita di Palestina.

Hal tersebut menurutnya karena agresi dan penyerangan yang dilakukan Yahudi terhadap muslim Palestina, tidak saja sebagai penyerangan terhadap komunitas Muslim tetapi sekaligus sebagai pengabaian terhada nilai-nilai kemanusiaan dan kasih sayang. 

Dalam kesempatan tersebut Prof. Syahrin Harahap menyampaikan ada empat (4) yang perlu diperkuat KAHMI agar mereka menjadi kekuatan bangsa dan kemanusiaan.

Pertama, Integrasi Keilmuan (integrations of knowlende). Kader KAHMI tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, asia, bahkan di dunia dengan  ragam keahlian dan keilmuan yang yang dimiliki atau dikuasai perlu mengintegrasikan kekuatan ilmu yang mereka miliki. 

"Sekiranya dilakukan integrasi antar berbagai keilmuan dan keahlian yang dimiliki KAHMI, maka mereka akan menjadi kekuatan tersendiri yang turut menopang kemajuan bangsa bahkan dunia" demikian disampaikan Prof. Syahrin.

Kedua, Kolaborasi Gerakan (collaboration of movement). Ada sejumlah profesi, bidang, jabatan, usaha, ormas, bahkan parpol yang di dalamnya ada kader KAHMI, dimana hal itu akan menjadi modal penting dalam melakukan perubahan untuk kemajuan di segala bidang. 

"jika KAHMI membangun gerakan bersama dari tempat atau posisi mana ia berdiri serta modal apa yang ia miliki, maka hal itu akan melahirkan gerakan yang amat dahsyat" tandas Prof. Syahrin.

Ketiga, pemberdayaan masyarakat dan Kader (empowerment). Menurut Prof. Syahrin, tingkat kecerdasan tidak selalu menjadi satu-satunya kunci untuk dapat sukses mengambil peran-peran strategis di tengah-tengah masyarakat dan pembangunan Bangsa. Oleh karenanya betapapun tingkat kecerdedan seseorang pastia dia memiliki peluang untuk sukses.

Sementara itu, Prof. Syahrin menyampaikan bahwa indikator kebangkitan KAHMI adalah ketika setiap kadernya berhasil mengambil posisi atau peran penting dan strategis di tengah-tengah masyarakat, dan untuk mewujudkan hal itu menurut Prof. Syahrin, perlu dikembangkan sentra-sentra pemberdayaan masyarakat dan kader.

Keempat, Pendidikan Tertinggi intelektual adalah Penanaman Kasih Sayang. Menurut Syahrin, puncak perkaderan KAHMI adalah ketika setiap kadernya dapat memandang  semua persoalan dari perspektif kasih sayang.   

Pemikiran dan gagasan harus berbasis kasih sayang. Begitupun dengan gerakan dan tindakan harus didasarkan kepada rasa kasih sayang.

Seorang kader KAHMI menurut Prof. Syahrin, mesti melihat musibah kemanusiaan Palestina sebagai ancaman bagi kasih sayang dan perdamaian dunia. Karenanya, kader KAHMI harus bicara dan bergerak untuk mwngetuk pintu kasih-sayang sesama agar memberikan empati kepada nestapa ini.

“Peristiwa Palestina jangan dilihat sebagai konflik Muslim dengan Yahudi, tetapi harus dilihat sebagai ancaman yang dapat mendegradasi kasih sayang dan perdamaian dunia" demikian imbuh Prof. Syahrin Harahap.

Ajaran kasih sayang dalam Islam demikian penting, sehingga di bawah aqidah, ajaran kasih sayang menempati posisi kedua, bahkan lebih penting dari jihad. Itulah sebabnya capaian pendidikan tertinggi adalah kasih sayang. Dan itulah yang harus dicapai anak-anak KAHMI hingga mereka dapat berperan dalam  menciptakan keindahan dan kedamaian. 

Lewat empat pondasi ini menurut Prof. Syahrin KAHMI akan dapat bangkit, tampil terdepan dalam memajukan bangsa, peradaban, serta dalam memberikan empati dan perhatian atas setiap musibah yang menimpa masyarakat dunia. (Red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar