}); Dosen Institut Kesehatan Helvetia Beri Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri - KAPITANEWS

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Beri Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri


Kapitanews.com-Medan; Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Nomor HK.03.03/V/0595/2016 tentang Pemberian Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur, pemberian TTD pada remaja putri dilakukan melalui UKS/M di institusi Pendidikan (SMP dan SMA atau yang sederajat) dengan menentukan hari minum TTD bersama. Dosis yang diberikan adalah satu tablet setiap minggu selama sepanjang tahun. Pemberian TTD pada remaja putri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi para remaja putri yang akan menjadi ibu di masa yang akan datang. Dengan cukupnya asupan zat besi sejak dini, diharapkan angka kejadian anemia ibu hamil, pendarahan saat persalinan, BBLR dan balita pendek dapat menurun ucap Aida Fitria, SST., M.Kes Dosen Prodi  D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan.


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 dengan Tema “Upaya Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Melalui Konsumsi Tablet Tambah Darah di Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Medan Tahun 2021 ” serta memiliki tujuan Dapat memberikan informasi secara umum tentang anemia pada remaja putri serta pentingnya mengkonsumsi Tablet Tambah Darah guna pencegahan dari anemia pada remaja, Tambah Aida Fitria, SST., M.Kes selaku ketua PKM didampingi Siti Aisyah , SST., M.Kes, Jita Sari Tarigan Sibero, SST, S.Pd,    M.Kes, Azira Hasni, Zsa Zsa Ivany ( Anggota PKM)


Kordinator acara menyampaikan Kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini berjalan dengan lancar dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan tambahan informasi secara umum tentang anemia pada remaja putri serta pentingnya mengkonsumsi Tablet Tambah Darah guna pencegahan dari anemia pada remaja serta dapat memberikan tablet tambah darah kepada siswi di sekolah Budi Agung. Tampak hadir dalam kegiatan PKM ini diantaranya PKS, staff guru dan administrasi di Yayasan Perguruan Budi Agung Medan.

Tampak antusias dari Para siswi di Yayasan Perguruan Budi Agung, mereka sangat senang dengan kegiatan penyuluhan dan pemberian Tablet Tambah Darah ini. Kegiatan ini mendapatkan banyak apresiasi baik dari PKS maupun dari siswi sekolah Budi Agung ini. Beberapa siswi mengatakan belum pernah mendengar penyuluhan tentang anemia dan belum pernah mengkonsumsi tablet tambah darah sebelumnya. Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang penyakit anemia pada remaja dan diharapkan juga peserta dapat mengkonsumsi Tablet Tambah arah yang diberikan. Mengingat masalah yang ada sekarang ini banyak remaja yang takut mengkonsumsi Tablet Tambah Darah dan tidak tahu manfaatnya.

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar