}); Dosen Institut Kesehatan Helvetia Beri Edukasi Pendidikan Kesehatan Persiapan Pre Menopouse Di Klinik Romauli - KAPITANEWS

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Beri Edukasi Pendidikan Kesehatan Persiapan Pre Menopouse Di Klinik Romauli



Kapitanews.com-Medan, Gejala utama dari fase premenopause adalah siklus menstruasi yang tidak beraturan. Kondisi ini terjadi karena ovulasi (pengeluaran sel telur) tidak dapat diprediksi. Lamanya waktu menstruasi dapat lebih lama atau lebihh pendek dan menstruasi dapat datang lebih cepat atau lebih lama dari siklus normalnya. Saat mendekati fase menopause, siklus menstruasi makin memanjang atau menstruasi semakin jarang. Apabila selama 12 bulan berturut-turut tidak terjadi periode menstruasi, maka menopause telah terjadi, dan periode perimenopause berakhir, ucap Dewi Sartika. SST.,M.K.M yang merupakan Dosen Prodi D4 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan di Poskeskel RengasPulau/ Klinik Bidan Romauli mengangkat tema “Pendidikan Kesehatan Persiapan Menghadapi Pre Menopouse Dan Senam Lansia Di Klinik Romauli Tahun 2021”


Dewi Sartika. SST.,M.K.M selaku (Ketua PKM) di dampingi Nurrahmaton, SST.,M.Kes, Sri Juliani,SKM.,M.Kes, Siska Widya, Risfa Safrisa.R (Anggota PKM) menambahkan tujuan kegiatan dari PKM ini Dapat memberikan informasi secara umum khususnya pada lansia tentang pendidikan kesehatan dalam persiapan menghadapi pre menopause dan kegiatan senam lansia, serta Manfaat melakukan persiapan menghadapi fase premenopause adalah untuk mengurangi dampak dari gejala premenopause sampai menopause yang dapat mengganggu aktifitas wanita. Setelah melakukan persiapan menghadapi premenopause, wanita akan merasa lebih nyaman dan santai dengan perubahan kondisi fisik yang dialami oleh wanita saat akan memasuki fase premenopause. Persiapan ini bisa juga di barengi dengan mengikuti senam lansia agar wanita dapat hidup sehat dan bugar kembali.

Oleh karena itu, sangatlah penting persiapan menghadapi pre menopause pada lansia untuk menerangkan segala hal yang berhubungan dengan pre menopause dalam bentuk yang wajar dan penyampaian materi pendidikan ini idealnya diberikan pertama kali oleh tenaga kesehatan yang berada di lingkungan mereka tinggal serta kegiatan senam lansia yang harus dilakukan rutin 1 minggu sekali.
Kegiatan penyuluhan ini mendapatkan apresiasi di Poskeskel Rengas Pulau. Para ibu senang dilakukan penyuluhan di Klinik Romauli karna jarang sekali mereka mengetahui apa saja persiapan yang harus di ketahui apabila sudah mengalami menopause, salah satunya para ibu sering mengeluh rasa panas didalam tubuh atau yang disebut dengan (hot flashes). Dalam hal ini para ibu juga harus tau di usia 42-45 tahun wanita sudah mengahadapi menopause dini, maka dari itu dalam persiapan menghadapi  pre menopouse tersebut seorang wanita harus mengkonsumsi makanan sehat. Dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang efek positif dan negatif dari persiapan pre menopause itu sendiri, membuat lansia dalam melakukan hal yang buruk dapat mempertimbangkan terlebih dahulu dan dapat merubah perilaku persiapan pre menopause tersebut.

Koordinator acara Kegiatan pengabdian masyarakat mengatakan kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan tambahan informasi secara umum tentang pendidikan kesehatan dalam persiapan menghadapi pre menopause dan kegiatan senam lansia di Klinik Romauli.

Tampak Ibu-ibu yang mengikuti kegiatan senam lansia ini sangat senang dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin
Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar