}); Ketua Umum HMI Cabang Deliserdang Kunjungi Kediaman Syakila Anak Pengidap Penyakit Tumor - KAPITANEWS

Ketua Umum HMI Cabang Deliserdang Kunjungi Kediaman Syakila Anak Pengidap Penyakit Tumor


Kapitanews.com - Deliserdang -
Seorang Warga Desa Sei Rotan, Kec. Percut Sei Tuan yang bernama Syakila Aulia Putri (3 thn) mengidap penyakit tumor di bagian mata membuat keceriaannya berbalut tangisan menahankan sakit yang diidapnya. 

Syakila yang kini dirawat di RS. Cipto Mangunkusumo sebelumnya sempat dirawat di salah satu Rumah Sakit Swasta di Deli Serdang selama satu malam kemudian dirujuk di RSU milik pemerintah dan dirawat selama 2 hari 2 malam. Setelah itu, Syakila diperbolehkan pulang oleh Rumah Sakit tanpa ada kejelasan mengenai penyakitnya.

Mendengar hal tersebut, HMI Cabang Deli Serdang berkunjung ke kediaman Syakila di Jl. Gardu Gg. Tape Desa Sei Rotan. Selain memberikan tali asih, kehadiran HMI Cabang Deli Serdang juga memastikan bahwa Pemerintah Daerah menjalankan kewajibannya atas pemenuhan hak atas kesehatan bagi masyarakat.

Ketua Umum HMI Cabang Deli Serdang, Mhd. Nashry mengatakan "kami mendapat kabar bahwa ada seorang anak yang bernama Syakila tinggal di Sei Rotan mengidap sakit tumor, dibagian matanya. Selain itu kami juga mendapat kabar bahwa Syakila juga pernah dibawa di Rumah Sakit namun kurang mendapatkan perawatan yang baik"

Dikediaman orang tua Syakila dijamu oleh Kakek beserta Ibu Syakila yang 2 pekan lalu melakukan persalinan adik Syakila. Syakila pergi ke RSCM Jakarta Pusat bersama Ayahnya, Willy (31 thn) dan didampingi oleh salah satu Yayasan untuk mengupayakan Syakila mendapatkan perawatan yang baik.


Kakek Syakila mengungkapkan "waktu Syakila mau dibawa ke Jakarta, adik Syakila pun lahir, karena Syakila juga butuh perawatan, ya Ayah Syakila lah yang menemaninya di Jakarta, di sini tinggal Ibu Syakila beserta adiknya yang butuh perawatan juga"

Ditanya mengenai hadirnya Pemerintah Daerah, Kakek Syakila menuturkan bahwa ada perwakilan Pemerintah Daerah yang hadir, juga memberikan bantuan.

"Pihak pemerintah ada datang, ada juga memberikan bantuan, ungkap Kakek Syakila"

Syakila dan Ayahnya, Willy berangkat ke Jakarta atas bantuan dari salah satu Yayasan. Pemerintah Daerah yang diwakilkan oleh Dinas Sosial Pemkab Deli Serdang juga ikut menghantarkan Syakila ke Jakarta. Keikutsertaan Dinas Sosial tersebut bukan untuk memastikan Syakila mendapatkan perawatan yang baik, namun untuk memastikan Yayasan yang membantu Syakila memang benar-benar legal atau tidak. Informasi ini sangat disayangkan jika Pemerintah memiliki kewajiban sebagai Pememuhan Hak Asasi Manusia terkhusus Pemenuhan Hak Atas Kesehatan.


"kami mendapatkan informasi bahwa Pemkab Deli Serdang yang diwakilkan oleh Dinas Sosial ikut menghantarkan Syakila Ke Jakarta bukan untuk memastikan Syakila mendapatkan perawatan yang baik, namun untuk memastikan bahwa Yayasan yang membantu Syakila memang benar-benar ada atau tidak. Hal ini sangat disayangkan, yang seharusnya Pemerintahlah yang bertanggung jawab atas kesehatan warganya" ungkap Nashry.

Nashry juga mengatakan bahwa "kalau hanya untuk memastikan sebuah Yayasan benar ada atau tidaknya, saya kira itu bukan langkah yang tepat. Sesunguhnya hak atas kesehatan adalah tanggung jawab dari Pemerintah, bukan hanya sebagai simbol dan menyerahkan tanggung jawab itu kepada pihak lain"

Syakila beserta keluarga hari ini sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak. Di mana Syakila dan Ayahnya, Willy berada di Jakarta dan Ibu serta Adik Syakila yang baru lahir berada di Deli Serdang.

"hari ini Syakila beserta keluarga sangat-sangat membutuhkan uluran tangan dari semua pihak. Dengan kondisi yang secara zahir terpisah, Syakila dengan sang Ayah di Jakarta, Ibu dan adiknya di Sei Rotan" ujar Nashry. (Red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar