}); Memeringati Sumpah Pemuda, Dosen UIN Sumut Gelar Kuliah Umum Bersama Matakuliah Pancasila dan Kewarganegaraan - KAPITANEWS

Memeringati Sumpah Pemuda, Dosen UIN Sumut Gelar Kuliah Umum Bersama Matakuliah Pancasila dan Kewarganegaraan

Ket Foto : Tampilan Layar Aplikasi Daring Ketika Dr. Nispul Khoiri, M.Ag Memaparkan Materi

Kapitanews.com -Medan- Dosen Pengampu Mata Kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara menggelar kuliah umum  bersama dalam rangka Memeringati hari Sumpah Pemuda dengan mengangkat tema “Pancasila dan Moderasi Beragama; Upaya Membangun Generasi Muda Dalam Kebhinekaan” Rabu (27/10/2021).

Kuliah umum bersama ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Dr. Nispul Khoiri, M.Ag selaku wakil Rektor III UIN Sumatera Utara yang juga Ketua PW ISNU Sumatera Utara, Dadang Darmawan Pasaribu, M.Si Selaku Ketua Gerakan Pembumian Pancasila Sumatera Utara dan Arief Wahyudi, S.H, M.H Selaku Ketua Jurusan PPKn Unimed yang juga menjabat Sekretaris Assosiasi Profesi Pengajar Pendidikan Kewarganegaraan (AP3KnI) Sumatera Utara, diskusi ini di moderatori oleh M. Isnen Harahap M.Si. 

Dosen Pengampu Mata Kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan UIN Sumut Taufiq Hidayah Tanjung mengatakan Kuliah Umum Bersama ini dilaksanakan bertujuan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke-93. Kuliah umum bersama ini harapannya dapat menambah wawasan terkait ilmu Pancasila dan Moderasi Beragama.

"Pertumbuhan generasi muda kita perlu mendapatkan perhatian khusus, hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan juga masuknya ideologi-ideologi yang cenderung fundamental, sehingga dapat mengancam rasa persatuan dan kesatuan anak bangsa. Harapannya dengan diadakannya kuliah umum ini dapat menguatkan kembali nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda dan mengimplementasikan didalam diri, serta mampu menjadi masyarakat beragama yang saling menghargai perbedaan karena itu perwujudan dari rasa cinta kita terhadap NKRI,”


Dalam paparannya, Dr. Nispul Khoiri menjelaskan tidak ada pertentangan agama dan Pancasila, Pancasila itu dibuat dari saripati Agama sehingga tidak mungkin nilai nilai Pancasila bertentangan dengan agama. Moderasi Beragama bertujuan bukan untuk membuat agama yang moderen tapi bagaimana memoderasikan cara masyarakat Beragama sesuai dengan budaya di Republik ini. 

Dalam kesempatan ini Dr. nispul juga mengajak mahasiswa  untuk melakukan penguatan nilai-nilai pancasila di generasi muda, sehingga nasionalisme terhadap Indonesia semakin kukuh. Jangan sampai generasi muda Indonesia ditaklukkan oleh ideologi yang cenderung liberal maupun ideologi yang fundamental yang dapat mengamcam keutuhan NKRI. Ujarnya.

Kuliah Umum ini diikuti oleh Mahasiswa UIN Sumut Jurusan KPI D Semester I, Jurusan Pendidikan Matematika Semester I, Tadris Bahasa Inggris Semester I dan KPI Semester III. (red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar