}); Dosen PPKn FIS Unimed Melaksanakan Pelatihan Guru di SMKN 1 Tebing Tinggi - KAPITANEWS

Dosen PPKn FIS Unimed Melaksanakan Pelatihan Guru di SMKN 1 Tebing Tinggi

Ket Foto : Tim Dosen Unimed Bersana Guru SMK N 1 Tebing Tinggi

Kapitanews.com-Tebing Tinggi- Dewasa ini, revolusi industri 4.0 (selanjutnya, RI 4.0) membawa tantangan, peluang, dan arah baru dunia pendidikan. RI 4.0 telah mengubah berbagai aktivitas yang selama ini dianggap menjadi rutinitas. RI 4.0 membawa kita pada efisiensi operasional melalui globalisasi digital. Perubahan-perubahan sedapat mungkin harus direspon dengan baik oleh pendidikan dunia. 

Salah satu tema penting dalam pengembangan edukasi 4.0 adalah perlunya memikirkan peran guru untuk mendukung pembelajaran siswa. Kemampuan guru untuk mendorong dan mendesain pengalaman yang mendukung siswa interaksi dengan teknologi perlu untuk dilakukan. 

Melihat tantangan, peluang, dan arah baru dunia pendidikan, penting untuk meningkatkan melakukan pengembangan kompetensi guru sesudai dengan kebutuhan dunia pendidikan. Karena itu dosen-dosen Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Jurusan PPKN FIS UNIMED) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat secara mandiri untuk guru SMK Negeri 1 Tebingtinggi. 

Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) bertajuk Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Digital Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Kegiatan tersebut diisi oleh kombinasi dosen-dosen senior dan dosen-dosen muda Jurusan PPKN FIS UNIMED. 

Muatan materi pelatihan secara subtansial memperkelankan (1) pembelajaran daring untuk mencapai keterampilan abad 21; (2) pendekatan dan strategi pembelajaran interaktif dalam jaringan; (3) pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran interaktif dalam jaringan; dan (4) model dan kerangka acuan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan. 

Muatan materi tersebut untuk pengembangan kompetensi guru, utama pedagogik untuk mengembangkan desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa dan kompetensi abad 21 harus dimiliki siswa.

Selain muatan materi teoritikal, guru guru dilatih secara praktikal untuk mengembangkan perangkat dan pembelajaran dalam jaringan yang interaktif. Karenanya Abdimas menyediakan sesi pendampingan guru bertajuk coaching clinic online untuk pengembangan desain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) interaktif dalam jaringan. 

Abdimas dilaksanakan beberapa hari, dimulai pada tanggal 15 November 2021 yang dilaksanakan pada dua sesi, yaitu luar jaringan (tatap muka langsung) dan dalam jaringan. 

Tampak pada kegitan ini guru-guru peserta pelatihan dan pendampingan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. (red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar