}); Sekolah Demokrasi Politik PB HMI Resmi Di Launching - KAPITANEWS

Sekolah Demokrasi Politik PB HMI Resmi Di Launching

ket foto : Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama

Kapitanews.com-Semarang- Sekolah Demokrasi Politik PB HMI resmi launching di Balai BPSDM Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung pagi pada pukul 09:23 WIB. Tampak dari acara itu, Di hadiri oleh jajaran pejabat Provinsi Jawa Tengah. Antaranya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (via Zoom ), Kesbangpol  Provinsi Jawa Tengah, Hairuddin, Koordinator Presidium KAHMI Jawa Tengah, Masifan Jamil, Kapolda Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. 

Kegiatan yang di Hendel Bidang Pembangunan Demorasi Politik dan Pemerintahan PB HMI Periode 2021-2023 itu, mengambil Tema “ Manifestasi Gerakan Milenial Menuju Demokrasi Yang Bermartabat “. Peserta yang diikutkan meliputi Ketua-ketua Umum HMI cabang Se-Indonesia dan berlangsung mulai dari 18 Januari hingga tanggal 22 mendatang.

Ilham Fadli, Ketua Bidang Pembangunan Demokrasi Politik PB HMI Mewakili Panitia, menyampaikan, Sekolah Demokrasi Politik menjadi Program kerja bidang Pembangunan Demokrasi Politik dan Pembangunan (PDPP) PB HMI yang diusulkan melalui Rekernas PB HMI di Bogor.

“ Pengusulan program ini, berkaca pada riak-riuk kontestasi Politik Indonesia 2019 lalu. Sehingga, kita pikirkan untuk merumuskan semacam gerakan yang menjaga Demokrasi dan merawat Kebhinekaan kita dengan membuat sekolah demokrasi politik ini. “ ujarnya.

Lanjut Ilham, Sebenarnya Sekolah Demokrasi Politik PB HMI, mau menghadirkan 220 Cabang Se-Indonesia. Namun, terkendala dengan anjuran Pemerintah tentang kegiatan di masa pandemi.

“ Sebenarnya, target Panitia untuk Launching Sekolah Demokrasi Politik di Desember akhir tahun 2021. Cuman yang membuat kegiatan ini tertunda karena jumlah peserta yang dibatasi. Sehingga kami harus merampungkan Peserta yang jumlahnya hanya 50 orang dengan anjuran Protokol Kesehatan. “ bebernya.

Senada dengan ini, Ketum PB HMI, Raihan Ariatama menuturkan bahwa, Perbincangan tentang Demokrasi dan Politik hari-hari ini makin ramai di Indonesia. Namun masih disempitkan pada demokrasi elektoral (Pemilu).

“ bicara demokrasi dan politik tidak harus sampai pada demokrasi elektoral semata, namun harus mengunakan pisau analisis yang lebih luas untuk melihat demokrasi dan politik di Indonesia sampai dengan manfaatnya terhadap masyarakat kita di Indonesia. “ 

Kata Raihan, Sekolah demokrasi politik adalah ruang dimana kita, mampu membalikan makna demokrasi yang lebih luas lagi, dan memastikan keberlangsungan Demokrasi Indonesia kedepan.

“ Sekolah demokrasi politik diharapkan mampu melahirkan Rekomendasi ideal dari praktik demokrasi Indonesia selanjutnya.” Tutupnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga antusias menyambut Kegiatan Sekolah demokrasi Politik PB HMI di kota Semarang Jawa Tengah.

Kata pak ganjar, Ruang sekolah demokrasi politik ini, harus mengelaborasi Konsep dan praktik sehingga tidak jadi ruang ceramah yang membosankan.

“ kita harus mengawinkan antara konseptual dan aplikatifnya, sehingga kita bisa berkontribusi agar kita tidak sering terbang melayang, tapi sering-sering turun ke bumi bahkan turun ke akar rumput. Karena itulah yang akan mendewasakan, dan dari situlah kita akan merasakan denyut yang ada di masyarakat.” Terangnya.

Mengakhiri sambutannya, pak ganjar berharap sekolah demokrasi politik menjadi wadah simulasi yang melatih untuk berkomunikasi membangun konsensus.

“ sekolah demokrasi politik ini lalu kemudian menjadi ruang simulasi membangun konsensus dan bernegosiasi itu keren, kalau itu yang dilakukan maka akan jadi formula yang bagus untuk menyelesaikan masa yang ril.” Tutupnya.

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar