}); Berkontribusi Untuk Umat, Penyuluh Agama Islam Non PNS Medan Timur Adakan Pelatihan Bilal Mayit - KAPITANEWS

Berkontribusi Untuk Umat, Penyuluh Agama Islam Non PNS Medan Timur Adakan Pelatihan Bilal Mayit

Foto Bersama Dalam Kegiatan Pelatihan Bilal Mayit

Kapitanews.com -Medan- Penyuluh Agama Islam Non PNS adalah salah satu ujung tombak pemerintah dalam melakukan bimbingan dan penyuluhan keislaman di tengah-tengah masyarakat.

Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Medan Timur mengadakan Pelatihan dan Bimbingan Fardhu Kifayah bagi Bilal Mayit Sekecamatan Medan Timur Rabu, (13/07/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Al-Iman Komplek DPRD Tingkat I Jl. Sidang Raya dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Qoriah Nasional Hj. Nurjannah, SH.I. MHI yang dihadiri lebih dari 70 bilal mayit laki-laki maupun wanita dan peserta kegiatan juga mengikuti pelatihan dan bimbingan ini dengan antusias yang tinggi.

Peserta Mendengarkan Paparan dari Pemateri

Selain dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh agama, kegiatan ini juga dihadiri dan dibuka dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Timur, Drs. H. Zulparman Lubis, MA.

Dalam sambutannya, Zulparman Lubis menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Penyuluh Agama Islam Non PNS Kec. Medan Timur atas terselenggaranya kegiatan ini. Tak lupa beliau juga mengucapakan terimakasih atas kehadiran para peserta, donatur dan pihak-pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini.

Di akhir sambutannya, Zulparman Lubis berharap agar peserta mengikuti dengan baik seluruh rangkaian kegiatan dan mampu mengaplikasikannya dalam mengurus fardhu kifayah mayit.

Praktik Pelatihan Bilal Mayit

Ustadz Husni Thamrin Rambe, S.Ag sebagai pemateri menyampaikan bahwa salah satu hal yang paling penting dalam urusan fardhu kifayah mayit adalah penghormatan terhadap jenazah, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memperlakukan jenazah yang sedang diurus fardhu kifayahnya.

Dra. Aminah yang juga sebagai pemateri menyampaikan bahwa etika juga sangat diperlukan dalam pengurusan fardhu kifayah jenazah, misalnya dengan meminta izin terlebih dahulu kepada keluarga jenazah dan melibatkan mereka dalam mengurus fardhu kifayah jenazah tersebut.

Randi Iswanto, S.PdI selaku koordinator Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Medan Timur menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerja keras panitia, donatur dan peserta yang bersedia meluangkan waktu untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan sampai selesai.

"kegiatan ini adalah langkah kecil dari kami sebagai penyuluh Agama Islam dalam berkontribusi di tengah-tengah umat, oleh karena itu kami mengharapkan dukungan baik moril maupun materil agar dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif di wilayah Medan Timur" ujarnya.

Menutup pembicaraan, Randi menyampaikan keprihatiannya dengan rendahnya minat generasi muda dalam mempelajari fardhu kifayah jenazah. 

"Hal ini harus menjadi renungan kita bersama, bahwa regenerasi ini penting untuk kita pikirkan bersama, jangan sampai di masa yang akan datang kita kesulitan mencari bilal mayit jika ada warga yang meninggal dunia" tutupnya. (red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar