}); Kenaikan BPIH, Guru Besar UIN Sumut: Upaya Memberikan Fasilitas Pelayanan Terbaik Bagi Jama'ah - KAPITANEWS

Kenaikan BPIH, Guru Besar UIN Sumut: Upaya Memberikan Fasilitas Pelayanan Terbaik Bagi Jama'ah

Guru Besar UIN Sumatera Utara Prof. Dr Katimin, M.Ag
Kapitanews.com -Medan- Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Prof. Katimin menyatakan, kenaikan biaya perjalanan haji yang diusulkan Kementerian Agama (Kemenag), sebagai upaya memberikan fasilitas pelayanan terbaik bagi Jama'ah.

"Usulan ini atas pertimbangan untuk memberikan fasilitas pelayanan terbaik bagi seluruh jamaah haji Republik Indonesia" ujar Katimin di Medan, Minggu (22/1/2023).

Selain itu Pakar Pemikiran Politik Islam UIN Sumatera Utara ini menjelaskan, Kenaikan  biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang diusulkan oleh Kemenag tahun 2023 antara lain untuk menyesuaikan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi seperti kenaikan pajak dan lain sebagainya tentu dengan situasi seperti ini pemerintah Indonesia melalui kementerian agama juga turut menaikan biaya Haji agar tetap menjaga pelayanan yang akan diberikan kepada jamaah haji Indonesia.

Data Perkembangan BPIH Tahun 2010-2022

Lebih lanjut Prof. Katimin mengatakan kenaikan Biaya Haji yang diusulkan untuk tahun 2023 cukup logis, mengingat data BPIH dari tahun 2010-2022 tentu sudah sangat wajar mengalami kenaikan karena perekonomian terus bergeser dari tahun Ketahun.

Kenaikan BPIH juga berdampak dari pengalihan Subsidi dari pemerintah untuk biaya haji hanya sebesar 30 persen dan sisanya 70 persen biaya haji dibebankan sebagai tanggung jawab jamaah yang bersangkutan. Hal ini harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam menghadapi situasi pasca pandemi Covid-19 dan menurunnya ekonomi global sehingga keberlangsungan dana nilai manfaat pada masa mendatang tetap terjaga.

Dalam kesempatan ini Prof Katimin juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi isu isu hoaks dan memilih untuk mencari informasi yang akurat terlebih dahulu, Seluruh kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia melalui kementerian agama tentu untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Tutupnya. (red)

Share on WhatsApp

VIP Redaksi KAPITAnews.com

Situs Berita Online
https://www.kapitanews.com/
"Pusat Berita Terpercaya"
Ph:0853-7100-0720

0 komentar:

Posting Komentar